Selasa, 22 Maret 2011

Pilihlah Bangunan Rumah atau Beli Rumah Siap Huni


Selama ini kalau kita berbicara tentang beli rumah pasti yang terpikir adalah perumahan atau rumah yang sudah jadi. Pernahkah kita membandingkan antara bangun rumah dengan membeli rumah siap huni. Berikut perbandingannya :
Bangun Rumah Baru

1. Desain Rumah bisa disesuaikan

Dengan membangun rumah dari awal, kita bisa memilih atau membuat gambar desain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita akan ruangan dalam rumah.

2. Biaya

Dengan merancang desain rumah dari awal, kita dapat juga mengetahui dengan pasti biaya yang akan dihabiskan untuk pembangunan rumah tersebut. Atau bisa juga kita mendesain rumah berdasarkan biaya yang tersedia.

3. Spesifikasi bangunan bisa dipilih

Dengan membangun dari awal, maka kita bisa memilih spesifikasi bangunan sesuai kualitas yang kita inginkan.

4. Perijinan pasti

Dengan memulai dari awal, maka kita sudah pasti mendapatkan ijin untuk membangun dan status sudah jelas.

5. Capital Gain tinggi

Capital Gain akan tinggi karena bangunan atau rumah tersebut adalah bangunan baru, dalam kata lain belum pernah ditinggali oleh siapapun.

6. Waktu Pembangunan

Mungkin ini satu-satunya kelemahan bangun rumah baru, yaitu kita membutuhkan waktu untuk ijin dan proses bangun untuk kemudian bisa ditinggali.
Beli Rumah Siap Huni

1. Desain Rumah Sudah Pasti

Dengan membeli rumah siap huni, kita tidak bisa mengganti desain karena rumah sudah jadi. Yang bisa kita lakukan hanya menambah atau mengurangi bagian yang tidak kita inginkan atau malah merubah bangunan sehingga malah menambah biaya lagi.

2. Biaya

Harga untuk membeli produk yang sudah jadi bersifat tetap atau pasti. Kita tidak bisa mengetahui secara rinci total biaya yang digunakan untuk membangun rumah tersebut.

3. Spesifikasi Bangunan

Kita tidak bisa mengecek secara langsung spesifikasi bangunan yang digunakan dalam pembangunan rumah tersebut karena rumah sudah dalam keadaan siap huni atau sudah jadi.

4. Perijinan

Beberapa pengembang perumahan terkadang ada yang tidak jujur dengan masalah perijinan. Maka saran kami jika anda membeli rumah yang sudah jadi dan itu di wilayah perumahan, pastikan dengan benar mengenai perijinan.

5. Capital Gain

Karena rumah sudah dibangun dulu dan tidak langsung dihuni, mungkin bisa menunggu beberapa tahun untuk terjual maka secara tidak langsung capital gain yang ada dalam rumah tersebut sudah tidak setinggi apabila rumah tersebut kita beli dalam kondisi baru jadi.

6. Waktu

Ini mungkin menjadi kelebihan Rumah Siap Huni, ketika pembayaran sudah kita lakukan dan selesai maka kita bisa langsung menghuni rumah tersebut. Dengan catatan tidak ada penyesuaian yang kita lakukan misalkan adanya renovasi atau penambahan ruang yang bisa menambah waktu tunggu sebelum kita siap untuk menghuninya.

Semua faktor di atas mungkin bisa dijadikan pertimbangan bagi anda yang masih bingung antara membangun atau membeli rumah. Semua pilihan kembali kepada kebijakan masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam hangat dari Hammer Construction and Property.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar